PRD

 

Logo PRD

 

Kadep dan Sekdep

 

Departemen PRD adalah salah satu dari empat department eksternal dalam Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Department ini dinaungi oleh wakil kahima dua, yaitu Dani Urippan. Department yang saat ini dikepalai oleh Husein Al-Faritsi dengan sekretaris departemen,Shafitri Wulandari ini memiliki tujuan yaitu memberikan citraan Himasika dalam lingkup luar jurusan. Departemen PRD ini mempunyai staff ahli yaitu Hardiansyah Pratama dan memiliki beberapa staff antara lain Rizky Kurniawan, Anita Dwi, Dina M, April, dan yang terakhir lupita. Selain itu department PRD juga membentuk stake holder yang menghubungkan antara Himasika dengan HMJ lain, Universitas lain, mahasiswa-mahasiswa dari jurusan maupun universitas lain, beserta para alumni.

Big event dari department PRD sendiri yaitu temu alumni. Temu alumni ini merupakan suatu acara dimana acara tersebut ditujukan untuk para alumni fisika ITS dari seluruh angkatan.Big event dari department PRD ini dilakukan setiap tiga bulan sekali, mengingat berdasarkan kesepakatan antara department PRD dengan perwakilan alumni, temu alumni memang efektif diadakan tiga tahun sekali.

Department PRD memiliki empat program kerja yang seluruh program kerja mencangkup hubungan himasika ke wilayah luar. Program kerja yang pertama yaitu Forum Mahasiswa Fisika Jawa Timur atau biasa disingkat Formasi Jatim. Merupakan forum yang menaungi seluruh mahasiswa jurusan fisika di jawa timur. Untuk wilayah Surabaya, universitas yang telah bergabung dalam Formasi Jatim yaitu UKWS, Unesa, Unair, danITS. Formasi Jatim ini terdiri atas empat kali rapat koordinasi (rakor) dan dua kali AKSI.Dan ITS menjadi coordinator wilayah untuk Surabaya.

Program kerja yang kedua yaitu IHAMAFI. IHAMAFI merupakan singkatan dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika se Indonesia. Himasika tidak hanya bergabung dalam organisasi ruang lingkup provinsi jawa timur namun juga menjangkau lingkup nasional. Dalam pertengahan Januari atau Maret 2015, IHAMAFI akan mengadakan musyawarah wilayah di Jakarta dan diikuti oleh seluruh anggota dari IHAMAFI termasuk Himasika ITS.

Program kerja yang ketiga yaitu Online Class. Online Class ini berkerja sama dengan IO (internasional Office) yang adda di ITS yang mana bisa menghubugkan mahasiswa luar negri dengan Himpunan dalam menghadapi AEC dan AFTA.

Program kerja yang keempat adalah open talk, yaitu acara yang dilaksanakan untuk jurusan dengan pemateri dari pihak diluar jurusan fisika. Artinya, open talk yaitu seperti diskusi umum dengan narasumber dari luar jurusan fisika untuk tujuan meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa jurusan fisika.

Dari keempat program kerja yang dimiliki oleh department PRD, department ini juga memiliki system perbendaharaan diluar bendahara umum himasika. Tujuan dari dibentukanya bendahara sendiri di dalam department PRD yaitu agar setiap anggota mengerti transparansi dana yang keluar masuk keuangan department PRD, baik itu uang yang keluar dari hasil proposal yang dikirim, penarikan uang untuk membiayai pelaksanaan program kerja-program kerja PRD, dan seluruh anggaran dana dari department PRD sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>